Cara Backup Data WhatsApp dengan Sekali Klik

0

Cara Backup Data WhatsApp – WhatsApp merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk berkomuniasi dan meyampaikan pesan berupa teks, voice, picture, sticker, dan video. Aplikasi ini sangat populer saat ini dan digunakan oleh banyak kalangan dari kaum milenial hingga dewasa bahkan anak anak remaja. 

Baca juga : Begini Tips Jitu Mengatasi Komputer Lemot

Salah satu fitur yang dimiliki oleh WhatsApp adalah mampu mencadangkan data berupa chat, picture, audio dan video sehingga bila terjadi crash atau error yang mempengaruhi data bisa dikembalikan seperti sedia kala ketika sudah melakukan pencadangan data.

Cara ini tergolong hal yang efektif dan mudah untuk diikuti oleh semua orang, dengan hanya bermodalkan koneksi internet atau paket data maka kamu sudah bisa menerapkan langkah langkahnya.

Berikut cara backup data WhatsAp

1. Pastikan paket data/Wi-Fi/koneksi internet kamu dalam keadaan aktif

2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp dan klik menu Settings pada titik tiga pojok kanan atas

pengaturan backup data whatsapp

3. Masuk ke Chats, Lalu klik Chats Backup untuk mulai mencadangkan data

backup data di whatsapp

4. Perlu diperhatikan, sebelum kamu meng klik Backup pastikan kamu telah menetapkan akun default google yang akan terhubung ke Google Drive. Contoh disini saya sudah menetapkan akun sebagai akun backup di Google Drive. Jika sudah maka selanjutnya kamu bisa klik Backup.

mencadangkan data whatsapp

5. Tunggu proses analisa dan pencadangan data berlangsung, proses ini biasanya memakan waktu yang relatif lama. Tergantung dari size data WhatsApp yang kamu cadangkan. 

Note : Kamu juga bisa mengatur jenis data apa saja yang ingin dicadangkan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa perhatikan menu Google Drive Settings berikut ini:

arti google drive setting di whatsapp

Pertama, backup up to Google Drive

  • Never : tidak ingin mencadangkan data
  • Only when i tap “Backup” : data akan dicadangkan ketika kamu mengklik tombol Backup
  • Daily : data akan dibackup setiap hari secara otomatis
  • Weekly : data akan dibackup setiap minggu secara otomatis
  • Monthly : data akan dibackup setiap bulan secara otomatis

Kedua, pada bagian Google Account kamu bisa mengubah alamat penyimpnan Google Drive dengan akun lain

Ketiga, backup over artinya ketika backup data kamu memilih menggunakan jaringan Wi-Fi, Data Seluler atau keduanya. Perlu diperhatikan bahwa semakin besar data yang ingin kamu backup maka tentunya semakin memakan koneksi internet yang kamu gunakan. 

Keempat, Include Videos : jika kamu mengaktifkan pengaturan ini maka file video yang ada di WhatsApp akan dibackup juga. Namun jika kamu tidak ingin mengaktifkan Backup video silahkan abaikan saja.

3 Manfaat Mencadangkan Data WhatsApp

  • Data akan tersimpan di akun Google Drive yang telah di siapkan sebelumnya
  • Antisipasi bila terjadi hacking, error, dan crash
  • Jika WhatsApp mengalami error atau crash yang berkibat pada terhapusnya data chat, audio, picture dan video maka kamu bisa mengembalikan (restore) data tersebut

Begitulah tips bagaimana cara backup data WhatsApp, dengan melakukan pencadangan data secara berkala maka kita telah melakukan tindakan pencegahan apabila terjadi crash, error, dan masalah lain yang menagkibatkan data tersebut terpengaruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here