Home Teknologi Informasi Komunikasi Cloud Storage ? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Cloud Storage ? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

0
Cloud Storage Pengertian Fungsi dan Cara Kerja

Dengan semakin berkembangnya teknologi banyak tercipta inovasi inovasi baru yang semakin memudahkan perkerjaan kita dalam kegiatan sehari hari, seperti adanya inovasi Cloud Storage atau penyimpanan awan yang hingga kini semakin berkembang dan memiliki banyak keunggulan dari media penyimpanan lain.

Umumnya orang menyimpan media atau file menggunakan hardisk dan flashdisk, namun tahukah kamu dengan menggunakan penyimpanan awan kamu tidak harus memiliki sebuah hardisk dan flashdisk? Iya betul, dengan menggunakan Cloud kamu tidak perlu repot untuk membeli dan memiliki media penyimpanan yang berbentuk fisik/mempunyai fisik, karena penyimpanan sifatnya maya dan hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Baca Juga : Pengertian dan Macam Macam Malware

Dengan begitu ini bisa menjadi solusi alternatif dan juga mudah digunakan untuk menyimpan media atau file yang bersifat penting. Namun saat ini masih banyak yang kurang bahkan tidak tahu apa itu Cloud Storage, untuk itu Admin akan berikan artikel mengenai Apa itu Cloude Storage ? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja, sehingga bisa menggunakan inovasi ini dengan bijak.

Pengertian Cloud Storage

Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengkamulkan koneksi internet untuk akses data. Cloud merupakan terobosan baru dalam dunia penyimpanan data yang memberikan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media penyimpanan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Layanan penyimpanan data menggunakan cloud bisa Kamu dapatkan secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Apabila menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Kamu bisa menggunakan layanan berbayar sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan cloud storage pun saat ini bekembang sangat pesat. Beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive dan Dropbox.

Menyimpan file menggunakan cloud storage kini lebih diminati karena berbagai alasan. Kamu tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau ada kerusakan seperti yang bisa terjadi saat Kamu menyimpan file melalui hardisk atau flashdisk. Selain itu, data yang Kamu simpan juga dapat diakses sewaktu-waktu. Ditambah lagi data juga dapat Kamu akses melalui perangkat gadget apa saja asalkan terkoneksi dengan internet.

Fungsi Cloud Storage

1. Memudahkan Pengarsipan Data

Seperti yang diketahui bahwa cloud storage memiliki kemampuan menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah. Dimana ini menjadi cara untuk mencegah data rusak atau hilang ketika disimpan di media penyimpanan lokal seperti hard disk atau flashdisk.

2. Sebagai Alat Berbagi dan Berkolaborasi

Layanan cloud storage dapat Kamu gunakan untuk membagi file yang Kamu punya kepada orang lain. Fungsi yang sering ditemui pada layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Kelebihannya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga Kamu tidak perlu repot-repot mengunggah file yang akan disebarkan.

3. Mudah Digunakan

Data pada cloud berada di internet, tentu saja Kamu bisa dengan mudah mengaksesnya. Dengan catatan ada koneksi internet. Tidak perlu repot membawa perangkat (beserta kabel) terlalu banyak.

4. Hemat Biaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan menggunakannya tidak perlu lagi melakukan penyimpanan lokal sehingga hal ini juga tidak perlu menggunakan hardware seperti hard disk ataupun flash disk. Dengan kata lain kamu sudah menghemat pengeluaran untuk peggunaan pembelian media penyimpanan yang masih manual

5. Ramah Lingkungan

Penyimpanan ini tidak membutuhkan perangkat fisik seperti harddisk maupun flashdisk karena semua data tersimpan dengan sarana internet. Dengan demikian limbah juga akan berkurang dan lebih ramah terhadap lingkungan.

6. Cepat dan Efisien

Karena akses data yang dilakukan menggunakan koneksi internet maka semakin cepat koneksi yang kamu miliki maka akses data yang kamu lakukan akan semakin cepat pula dan tentunya akan jauh lebih efisien daripada menggunakan media penyimpanan seperti hardisk atau flashdisk.

Cara Kerja Cloud Storage

Sebuah aplikasi yang menggunakan cloud storage menggunakan internet sebagai server sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan data hilang. Bahkan jika sewaktu – waktu server mengalami down (tidak dapat diakses) data kamu akan tetap terjaga.

Sebagian besar aplikasi pada penyimpanan ini juga tidak perlu melakukan instalasi karena sudah terpasang pada media internet, contohnya Google Drive. Kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan membuat akun untuk bisa menggunakan Google Drive.

Dalam hal penentuan kapasitas pada cloud storage juga beragam. Jika kamu menginginkan tersedianya ruang yang besar maka biasanya kamu harus mendaftar versi premium. Dalam hal keamanan juga lebih terjamin jika kamu menggunakan versi berbayar. Perlu diketahui karena server dihandle oleh perusahaan penyedia aplikasi maka tentunya mereka juga dapat mengakses semua data kamu. Biasanya hal ini dapat disiasati dengan menggunakan versi berbayar untuk meningkatkan privasi atau mengaktifkan mode protection pada semua file kamu.

Itulah pembahasan kali ini mengenai pengertian cloud storage beserta fungsi dan cara kerjanya. Yang perlu diperhatikan adalah meskipun menawarkan kemudahan dan keamanan yang terjamin kamu harus tetap cermat dan bijaksana dalam menggunakan cloud storage.

Mengingat salah satu hal yang paling berharga saat ini adalah data maka dalam menjaga file – file kamu harus tetap berhati – hati dan memahami cara kerja dari setiap fasilitas teknologi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here