Home Teknologi Informasi Komunikasi Mematikan Windows Update dengan 2 Langkah Ampuh

Mematikan Windows Update dengan 2 Langkah Ampuh

0

Windows 10 memiliki fitur Update Otomatis yang berfungsi untuk melakukan pembaharuan secara mutakhir pada fitur-fitur tertentu di dalam Windows, namun banyak user ingin mematikan windows update ini karena berbagai macam alasan seperti, terkadang Windows menjadi lemot saat melakukan update.

Terlebih lagi Windows Update ini selalu didownload dan diinstal secara otomatis jika Komputer atau Laptop kamu terhubung dengan koneksi internet, sehingga tentunya akan menguras koneksi yang tersedia.

Tidak semua orang juga ingin menginstal update yang datangnya tiba-tiba ini, Meskipun kamu bisa melakukan penjadwalan penginstallan namun tetap saja membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menginstal update ini.

Disamping itu kamu harus menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk melakukan proses unduh dan pemasangan di sistem operasi. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan proses restart atau shutdown pada Komputer setelah melakukan proses download dan instalasi selesai, hal ini bertujuan agar perubahan yang terjadi pada Komputer kamu bisa disimpan dan dijalankan secepatnya, seperti fitur-fitur yang sudah didownload dan install oleh sistem secara otomatis pada Windows 10 update ini.

Namun ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang memiliki kuota internet banyak dan tidak terbatas, karena update dari Microsoft cukup penting untuk performa dan keamanan perangkat kamu seperti perbaikan bugs, peningkatan fungsionalitas fitur, patch security dan masih banyak manfaat lain dari Update Windows ini.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu BIOS dalam Komputer

Lalu, bagaimana cara menghentikan update otomatis Windows 10? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah Pertama, Melalui Melalui Services

Dengan cara ini fungsi Windows Update akan dimatikan secara paksa (disable). Jadi pastikan jika kamu akan menggunakan cara yang pertama ini pikirkan terlebih dahulu.

Untuk mematikan automatic update di Windows 10 dengan cara mematikan services nya, langsung saja buka services dengan cara mengetikkan dibagian search bar Windows kamu lalu buka degan meng-klik services tadi

membuka menu services di windows 10

Setelah itu scroll kebawah kemudian cari Windows Update, buka dengan double klik atau Klik kanan lalu pilih Properties.

cara mencari dan membuka fitur windows update

Pada Windows Update Properties, ubah startup type menjadi Disable dan klik stop pada service status.

Catatan : Mematikan Windows Update Services bisa membuat kamu tidak bisa menggunakan Store dan tidak bisa mendownload Modern Apps.

Langkah Kedua, Mematikan Windows Update Melalui Group Policy

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Windows 10 Pro yang memiliki akses terhadap Group Policy.

  • Pertama, Buka Run dengan Win + R
  • Kedua, Ketikkan gpedit.msc kemdudian tekan Enter
  • Ketiga, Browse ke Computer Configuration – Administrative Templates – Windows Components – Windows Update
  • Keempat, Klik kanan Configure Automatic Update lalu Edit
  • Terakhir, Pilih opsi Enabled dan ubah automatic updating configuration ke Notify for download and notify for install, kemudian OK dan Apply

Dengan demikian jika ada update yang akan diperbahaui, Windows 10 tidak akan langsung download, melainkan akan memberi notifikasi terlebih dahulu.

Nah, itulah 2 Langkah Ampuh Mematikan Windows 10 Update Secara Otomatis, Pastikan kamu memikirkan terlebih dahulu sebelum mematikan fitur pada Windows, karena tentunya masing masing fitur mempunyai fungsi penting yang bisa meningkatkan kinerja pada perangkatmu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here