Home Teknologi Informasi Komunikasi Apa itu Malware ? Pengertian dan Macam Macam Malware

Apa itu Malware ? Pengertian dan Macam Macam Malware

0

Perkembangan internet saat ini sangat pesat, hal ini semakin memudahkan manusia untuk mencari dan mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan. Namun disamping memiliki hal positif seringkali ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyisipkan Malware pada sebuah file yang tentunya ketika diakses akan berdampak negatif pada komputer kita. Mari simak ulasan Apa itu Malware? Pengertian Malware dan Macam Macam Malware

Pengertian Malware

Apa itu malware ? Malware Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya Malware itu adalah sebuah software atau program komputer , namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan kita. Malware bisa berupa virus, Trojan, spyware, worm, adware, keylogger, rootkit, phising, bots, backdoor, exploit dan masih banyak lagi istilah lain .

Baca Juga : Sejarah dan Perkembangan Komputer

Malware juga dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri informasi pribadi seperti akun media sosial, email, password, nomor kartu kredit, hingga data yang bersifat pribadi lainnya), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seizin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan kita.

Macam-Macam Malware

Virus Komputer

Virus komputer adalah jenis malware yang menyerang file eksekusi (.exe) yang akan menyerang dan menggandakan diri ketika file exe yang terinfeksi dijalankan. Virus ini menyebar dengan cara menyisipkan programnya ke program yang ada dalam komputer. Beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .doc, atau folder yang yang bila diklik akan mengaktifkan si virus.

Worm Komputer

Worm adalah Malware yang bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Yang artinya, jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer dengan memanfaatkan jaringan komputer (LAN/WAN/Internet),  maka worm ini akan dapat berpindah ke komputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis dengan memanfaatkan celah kemanan yang memang terbuka atau lebih dikenal denga isitilah vulnerability.

Spyware

Soyware adalah program yang bertindak sebagai mata mata untuk mengetahui kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak lain. Spyware biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.

Adware

Adware adalah iklan yang dimasukkan secara tersembunyi oleh pembuat program, biasanya pada program yang bersifat freeware untuk tujuan promosi atau iklan.

Trojan

Trojan atau Trojan hourse adalah Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut. Hal ini juga memungkinkan kita meremote komputer kita.

Keylogger

Keylogger adalah sebuah program yang dapat memantau penekanan tombol pada keyboard kita, sehingga kita dapat mengetahui informasi apa yang kita ketikkan seperti username dan password yang bersifat rahasia.

Rootkit

Rootkit adalah program yang menyusup kedalam sistem komputer, bersembunyi kemudian menyamar sebagai bagian dari sistem kita seperti pada patch, keygen, crack, dan game. Lalu mengambil alih, memantau kinerja sistem yang disusupi. Keylogger juga dapat mencuri data yang berjalan pada jaringan, melakukan keylogging, dan mencuri informasi yang bersifat privasi lainnya.

Phising

Phising adalah bentuk penipuan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh informasi yang bersifat pribadi dan rahasia, seperti userID, password, ATM, Kartu Kredit, melalui website atau email yang diclone sehingga tampak seperti asli.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Malware

Hal ini bisa dilakukan dengan memasang antivirus yang direkomendasi oleh sistem kemudian melakukan update secara berkala sebagai langkah pencegahan.

Itulah pengertian dan macam macam malware Yang Perlu Diketahui sehingga kita bisa melakukan tindakan pencegahan dan menghindari terjadinya tindakan tindakan merugikan diatas tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here