Home Teknologi Informasi Komunikasi Sejarah Internet di Dunia

Sejarah Internet di Dunia

0
Sejarah Internet

Mengetahui Sejarah Internet Dunia – Perkembangan teknologi dan kecanggihan integrasi jaringan saat ini semakin memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan sehari hari, dengan bantuan internet kita bisa membuat dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Hal ini merupakan salah satu manfaat dan penggunaan teknologi yang baik dan benar karena sifatnya yang membantu pekerjaan manusia.

Penggunaan internet memasuki semua aspek dalam kehidupan sehari hari, bahkan bisa dikatakan saat ini internet bagaikan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk membantu pekerjaan sampai pada kebutuhan bersosial media.

Namun dibalik perkembangan pesat internet saat ini sejarah mula adanya internet menjadi penting untuk diketahui, agar kita sebagai pengguna akan lebih bijak lagi dalam menggunakan internet untuk hal hal yang bersifat positif. Untuk itu mari simak artikel mengenai seharusnya kita mengetahui sejarah internet berikut ini.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Cloud Storage

Pengertian Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP). TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket (dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara/prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini berbagai macam definisi internet yang bisa Anda baca juga untuk menambah wawasan!

Oetomo

Menurut Oetomo (2002) internet adalah singkatan atau singkatan dari international network, yang didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil saling terhubung satu sama lain.

Supriyanto

Menurut Supriyanto (2006) Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang punya sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Onno Purbo

Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya adalah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.

Ramdhani

Menurut Ramdhani (2003) internet adalah suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang bisa menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

Drew Heywood

Menurut Heywood (1996) internet adalah istilah teknologi yang muncul mulanya pada akhir tahun 60-an yaitu pada saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru dalam melakukan komunikasi Internetworking. Standar baru ini haruslah merupakan standar yang sanggup menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu juga dioperasikan pada kondisi minimum akibat bencana maupun perang.

Harjono

Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

Sejarah Internet

Di tahun 1960-an, Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency yang disingkat juga sebagai ARPA merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET. ARPANET ini adalah asal mulanya sebelum terbentuk teknologi internet. Di tahun 1980-an, barulah internet mulai dipakai oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai dipublikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelahnya, tepatnya di tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan di tahun 1986. NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.

ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini. Dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet cuma informasi yang berbasis teks. Dan pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN. Di tahun 1993, InterNIC pun didirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994, internet masuk ke negara kita, Indonesia.

Perkembangan Internet di Indonesia Saat Ini

Terlepas dari sejarah internet dimasa lampau yang menjadi cikal bakal pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini khususnya dalam hal internet yang semakin berkembang jauh. Sementara di Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna internet terbesar. Gaya hidup masyarakat mulai bergeser dan memanfaatkan sejumlah fasilitas yang disediakan internet. Semua kalangan umur mulai dari anak kecil hingga orang-orang tua tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan keberadaan jaringan internet.

Hampir semua sektor saat ini sudah menggunakan teknologi internet sebagai peningkatan kualitas mutunya salah satu contoh dampak perkembangan internet yakni dalam bidang pendidikan, saat ini sekolah-sekolah mulai menerapkan internet sebagai salah satu kebutuhan untuk mencari dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan dibidang pendidikan.

Penggunaan internet yang begitu besar dan semakin meningkat perlu diperhatikan juga, ibarat pisau yang memiliki dua sisi, selalu ada dampak positif dan negatif internet, tentunya ini menjadi perhatian kita bersama agar sebagai pengguna dapat memanfaatkan internet untuk kebutuhan yang bijak dan positif.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here